Langsung ke konten utama

Baper Ih Baper

'Gitu aja baper'
'Baperan ih'
'Cuma bercanda doang kali, gitu aja baper'
'Biasa aja, baper banget jadi orang'


Udah biasa banget kan denger yang begituan, apalagi kalo denger kata baper pasti uda familiar di kalangan anak muda jaman sekarang. Baper sendiri artinya bawa perasaan, maksudnya ketika kamu ngehadepin apapun itu perasaan kamu pasti kebawa. Kayak seumpama kamu minta maaf karena kamu nggak ikut kerja kelompok. Tapi tiba-tiba teman kamu jawab, "Ngga masalah, gausa minta maaf kali. Baper banget sih wkwk". Harusnya sih kamu bersyukur karena temen kamu masih mau minta maaf, kalo seumpama temen kamu kamu ga punya perasaan buat minta maaf kan kamu bakalan sebel juga.
 
See, semakin kesini semakin ada yang salah dari kata baper. Menurutku meminta maaf merupakan hal yang patut untuk dihargai. Bukan itu saja, tapi ketika seseorang mengucapkan maaf, terima kasih dan tolong, maka hargai orang itu. Karena tak mudah untuk mengucapkan tiga kata ajaib itu. Tapi di masa sekarang, ketika kita mengucapkan hal-hal sepele pasti kita bakalan dibilang baper.

Sebenernya ga ada yang salah sama baper. Toh baper itu nunjukkin kalo kita emang manusia yang normal. Bukankah sudah kaidahnya manusia untuk mempunyai perasaan? Jadi ketika kita minta maaf, minta tolong dan berterima kasih sama aja kayak kita mengikut sertakan perasaan kita dalam tindakan kita.
 Sejatinya kalo manusia ga punya perasaan, kita sendiri loh yang bingung. Kalian ga bisa bedain antara perasaan sedih, marah, senang, bingung dan lainnya.

Bawa perasaan emang boleh, tapi kamu juga perlu mengontrol perasaan kamu. Bawa perasaannya sewajarnya aja jangan berlebih, karena yang berlebihan memang ga baik hehe. Ga semua bisa di bawa perasaan, kayak perilaku cowok ke cewek contohnya. Kenapa aku ngambil contoh itu, karena itu yang biasa terjadi pada cewek hehe.

Cowoknya udah ngasih perhatian, udah ditanyain udah makan apa belum, dibawain makanan, diajak nonton, bahkan sampe bilang sayang-sayangan eh pas ditanya tentang kejelasan status, mereka para cowok malah bilang cuma temenan aja. Ceweknya galau dikatain "Dianya aja yang baper."

Gimana ya, kalo aku yang nyikapi sebenarnya aku ga begitu paham kenapa cowok ngasih yang lebih ke cewek tapi ujung-ujungnya temen. Kalo kalian para cowok tau gimana batesannya seorang temen, kalian pasti ga akan berperilaku lebih sih. Perilaku lebih ini yang nimbulin ekspektasi para cewek sehingga ketika cowok udah ga perhatian lagi si cewek pasti dikatain baper.

Balik lagi sih, sebenernya kalian para cowok jangan bersikap lebih sama seorang cewe kalo kaliannya sendiri cuma nganggep temen. Semua itu ada batesannya, percaya aku deh hehe. Ada hal yang boleh dan ga boleh untuk kalian lakukan sebagai seorang temen. Ketika kamu tau batesannya pasti ga ada deh cewek yang bilang kalian jahat karena ngegantungin mereka.

Buat kalian para cewe juga biasa aja dalam ngehadepin cowok. Kita harus bisa bentengin hati kita dari omongan dan sikap para cowok. Sulit emang, karena cewek selalu melibatkan perasaannya dalam semua kegiatannya. Tapi ya itu, ga semua tindakan dan omongan cowok bisa di bawa perasaan.

Intinya mari kita saling menghargai dengan adanya perasaan yang diberikan Tuhan kepada kita dan juga belajar mengendalikan dalam menggunakan perasaan dengan bijak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Carin

Hallo Hari ini adalah hari pertamaku membagikan tulisan sederhanaku disini. Tulisan kali ini klasik memang, karena hanya berisi perkenalan diriku saja hehe. Karena setauku peribahasa mengajarkan bahwa 'Tak kenal maka tak sayang', jadi kalian harus mengenalku terlebih dahulu agar kalian bisa menyayangiku. Dan yang barusan adalah teori yang ku buat sendiri Jadi ku mulai dari nama, nama panjangku Carina Madania. Tapi tentu kalian bisa memanggilku dengan Carin atau Carina. Bahkan tak jarang teman-temanku memanggilku dengan Car, yang mana kata 'car' sangat identik dengan mobil hmm. Tak apa, aku menganggapnya sebagai sapaan sayang (mungkin). Aku merupakan anak dari Ayah dan Ibuku, tentu saja. Menyinggung sedikit tentang Ayah dan Ibuku, aku akan memberi tahu bahwa Ayahku berasal dari kota Sidoarjo dan Ibuku berasal dari kota kelahiranku yaitu Jombang. Dari fisik dan sifat aku banyak meniru Ayahku. Ayahku memiliki sedikit keturunan arab, dan aku bersyukur karena itu menurun

Kenapa seseorang sering merendahkan orang lain?

Kenapa aku mengangkat tema ini ? Karena akupun juga masih sering merendahkan orang yang baru saja aku temui meski hanya bertemu satu kali hehe. Jadi balik lagi, kenapa kamu bahkan aku suka merendahkan orang lain? Itu karena kita melihat seseorang itu dari luar saja. Ngga bisa dipungkiri kalo emang nge-nilai seseorang dari luar itu gampang banget karena kita cuma harus ngenilai pake indera kita. Padahal kalo diliat-liat, indera kita itu cuma nangkep dari luarnya aja. Sedangkan apa yang kita lihat biasanya ngga sama kayak apa yang kita rasakan. Maksudnya, apa yang bisa kita lihat terhadap orang itu bisa aja beda sama sifat aslinya. Benerkan? Cerita dikit aja ya. Aku pernah di "rendahin" sama temen sekelas aku meski mereka kayaknya emang ga sengaja hehe. Jadi ceritanya semester tiga kemarin aku ngambil mata kuliah Pkn. Nah mata kuliah itu hanya bisa diambil kalo kita dapet IP 3,5 karena kan jatah sks-nya bakalan banyak. Nah, alhamdulillah aku bisa ngambil mata kuliah itu. D

Semua sudah jalannya

Jadi kemarin siang, aku dan temanku bernama Isyam sedang bercengkrama haha. Ngga sih, kita cuma pulang bareng setelah menemui klien untuk tugas praktikumku. Doa kan supaya praktikum berjalan dengan baik-baik saja ya. Lebih-lebih kalo seumpama bisa jadi salah satu PR di tempat praktikumku hehe. Kembali ke topik, salah satu omongan Isyam yang membuat aku berpikir lama adalah ketika ia berbagi cerita tentang orang tuanya yang sanggup memasukkan Isyam ke salah satu instansi dengan 'Jalan Belakang'. Mungkin orang yang berpikir enaknya saja akan mengiyakan keinginan itu. Namun berbeda dengan Isyam, ia dengan tegas menolak. Dan satu kalimat Isyam yang membuatku tergugah. Ia bilang, "Kenapa harus mahal-mahal buat melakukan suatu hal yang bukan takdirnya.". Ini maksudnya kalo Isyam sampe mengiyakan tawaran orang tuanya, sama saja ia dengan mengambil hak orang lain yang harusnya bisa mendapatkan kesempatan masuk ke instansi itu. Jadi bisa diambil pelajarannya kalo boleh kit