Langsung ke konten utama

Selamat Hari Ibu Untuk Mama yang Merangkap Menjadi Papa

Tulisan ini aku tulis saat malam hari di Bus Bagong karena aku sedang perjalan pulang ke rumah. Dan malam ini juga masih terhitung tanggal 22 Desember yang artinya masih tergolong Hari Ibu.

Tulisan ini bertujuan untuk mengutarakan bagaimana aku menyayangi Mama. Bukan berati aku hanya menyayangi Mama pada tanggal ini saja. Tulisan ini aku buat hanya karena bertepatan dengan momen Hari Ibu saja.

Mama sosok wanita yang dengan ikhlasnya bertaruh nyawa untuk melahirkan Carin di dunia ini. Saat itu beliau pernah bercerita bahwa beliau pernah merasa malu ketika dinyatakan mengandung aku. Sedih tentu mendengar ucapan Mama seperti itu. Tapi setelah mendengar alasannya aku tau bahwa Mama seseorang yang polos.

Mama beralasan jika beliau malu karena saat itu beliau baru saja melahirkan kakakku yang baru saja berumur satu tahun. Mama saat itu takut jika dicap sebagai seorang istri yang suka mengandung anak haha.

Tapi karena beliau memiliki hati terlalu baik, akhirnya beliau tetap mempertahankanku. Beliau mulai menjagaku dari janin hingga sekarang karena beliau sayang padaku.

Aku pernah bertanya pada Mama, "Ma kenapa Mama ga malu punya anak kayak Carin? Carin belum bisa banggain Mama sama Papa. Carin ga secantik anak wanita lainnya.".
Dan Mama cuma jawab, "Kamu gatau rasanya punya anak gimana. Bangga dek. Mama bahkan ga ada pikiran buat jahatin kamu pas tau badanmu gosong-gosong pas lahir. Kenapa? Karena Mama sayang.".

Mama juga orang pertama yang bakalan peluk Carin pas Carin sedih. Setiap apapun keadaannya atau masalahnya. Tapi Mama juga bakalan orang yang paling marah ketika Carin dijahati atau dilukao orang lain.
Mama bukan orang yang akan dengan menye-menye nya menghiburku ketika aku sedih atau bahkan putus cinta. Beliau akan dengan lantangnya menyuruhku untuk tidak menangis. Beliau memang kekeh melarangku pacaran dulu meskipun aku selalu melanggarnya hehe.

Mama juga istri yang baik. Beliau setiap pagi akan bangun jam 4 pagi hanya untuk menyiapkan sarapan. Ya meskipun nantinya mau dimakan atau tidak oleh Papa. Tapi beliau tak pernah mengeluh atau bahkan marah pada Papa. Setelah menyiapkan sarapan, beliau akan membangunkan aku dan kakakku. Dengan manjanya kami akan meminta mama menyuapi kami secara bergantian hanya karena kami mengantuk hehe.

Mama dan Papa adalah perpaduan yang serasi menurutku. Papa yang galak namun sayang pada kami, dan Mama yang bisa sabar serta dapat meluluhkan Papa ketika emosi. Mama akan meredam segala kemarahan Papa dengan kesabarannya yang begitu besar.

Mama pernah menjadi pahlawan yang menyelamatkan kuliahku yang saat itu sebenarnya akan berhenti di tengah jalan. Beliau dengan kekehnya tak ingin melihat salah satu anaknya putus kuliah. Akhirnya beliau sempat bekerja menggantikan Papa yang sedang dalam masalah. Yang di pikiran mama saat itu hanya bagaimana cara bisa membuat kakakku lulus dan aku tetap bisa kuliah. Beliau rela hanya makan dengan tahu dan sambal hanya untuk menabung uang sangu untuk anaknya.

Saat Papa sakit, bertepatan dengan aku UAS. Jadi terpaksa aku tidak bisa menemani Papa dari awal masuk rumah sakit. Dan saat itu aku memilih untuk segera pulang setelah UAS ku selesai. Betapa sedihnya aku saat melihat Mama tertidur dengan posisi duduk. Terlihat guratan lelah di wajah Mama. Aku tau ketika Papa di rumah sakit adalah hari-hari yang melelahkan bagi kami. Tapi Mama tetap menjadi sosok yang kuat karena Mama masih bisa membagi pikirannya antara anak-anak dan Papa yang saat itu begitu manja pada Mama. Beliau dengan sayang dan sabar merawat Papa meskipun beberapa kali Papa memarahi Mama. Itu semua karena Papa lampiasan Papa akan sakitnya.

Sampai akhirnya Papa tiada. Kini Mama memiliki dua peran sekaligus. Menjadi Ibu yang mencurahkan segala perhatian pada keluarganya. Dan siap menjadi benteng ketika keluarganya ada masalah.

Di hari ini, Carin berharap Mama sehat, kuat terus, bahagia selalu, dilancarkan semua urusannya, dan dijauhkan dari semua kesedihan.

Sabar ya Ma, tunggu Carin sama Mas bisa bahagiain Mama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Carin

Hallo Hari ini adalah hari pertamaku membagikan tulisan sederhanaku disini. Tulisan kali ini klasik memang, karena hanya berisi perkenalan diriku saja hehe. Karena setauku peribahasa mengajarkan bahwa 'Tak kenal maka tak sayang', jadi kalian harus mengenalku terlebih dahulu agar kalian bisa menyayangiku. Dan yang barusan adalah teori yang ku buat sendiri Jadi ku mulai dari nama, nama panjangku Carina Madania. Tapi tentu kalian bisa memanggilku dengan Carin atau Carina. Bahkan tak jarang teman-temanku memanggilku dengan Car, yang mana kata 'car' sangat identik dengan mobil hmm. Tak apa, aku menganggapnya sebagai sapaan sayang (mungkin). Aku merupakan anak dari Ayah dan Ibuku, tentu saja. Menyinggung sedikit tentang Ayah dan Ibuku, aku akan memberi tahu bahwa Ayahku berasal dari kota Sidoarjo dan Ibuku berasal dari kota kelahiranku yaitu Jombang. Dari fisik dan sifat aku banyak meniru Ayahku. Ayahku memiliki sedikit keturunan arab, dan aku bersyukur karena itu menurun

Kenapa seseorang sering merendahkan orang lain?

Kenapa aku mengangkat tema ini ? Karena akupun juga masih sering merendahkan orang yang baru saja aku temui meski hanya bertemu satu kali hehe. Jadi balik lagi, kenapa kamu bahkan aku suka merendahkan orang lain? Itu karena kita melihat seseorang itu dari luar saja. Ngga bisa dipungkiri kalo emang nge-nilai seseorang dari luar itu gampang banget karena kita cuma harus ngenilai pake indera kita. Padahal kalo diliat-liat, indera kita itu cuma nangkep dari luarnya aja. Sedangkan apa yang kita lihat biasanya ngga sama kayak apa yang kita rasakan. Maksudnya, apa yang bisa kita lihat terhadap orang itu bisa aja beda sama sifat aslinya. Benerkan? Cerita dikit aja ya. Aku pernah di "rendahin" sama temen sekelas aku meski mereka kayaknya emang ga sengaja hehe. Jadi ceritanya semester tiga kemarin aku ngambil mata kuliah Pkn. Nah mata kuliah itu hanya bisa diambil kalo kita dapet IP 3,5 karena kan jatah sks-nya bakalan banyak. Nah, alhamdulillah aku bisa ngambil mata kuliah itu. D

Semua sudah jalannya

Jadi kemarin siang, aku dan temanku bernama Isyam sedang bercengkrama haha. Ngga sih, kita cuma pulang bareng setelah menemui klien untuk tugas praktikumku. Doa kan supaya praktikum berjalan dengan baik-baik saja ya. Lebih-lebih kalo seumpama bisa jadi salah satu PR di tempat praktikumku hehe. Kembali ke topik, salah satu omongan Isyam yang membuat aku berpikir lama adalah ketika ia berbagi cerita tentang orang tuanya yang sanggup memasukkan Isyam ke salah satu instansi dengan 'Jalan Belakang'. Mungkin orang yang berpikir enaknya saja akan mengiyakan keinginan itu. Namun berbeda dengan Isyam, ia dengan tegas menolak. Dan satu kalimat Isyam yang membuatku tergugah. Ia bilang, "Kenapa harus mahal-mahal buat melakukan suatu hal yang bukan takdirnya.". Ini maksudnya kalo Isyam sampe mengiyakan tawaran orang tuanya, sama saja ia dengan mengambil hak orang lain yang harusnya bisa mendapatkan kesempatan masuk ke instansi itu. Jadi bisa diambil pelajarannya kalo boleh kit